Thursday, July 30, 2015

Dampak Stres Bagi Kesehatan

Dampak Stres Bagi Kesehatan - Stres dapat ditimbulkan oleh berbagai hal yang bisa mengganggu pikiran, mulai dari mengenai hubungan dengan pasangan sampai soal pekerjaan dan juga kecantikan diri. Stres memang merupakan masalah psikis, namun bila tidak segera diatasi dengan segera, akan bisa berefek buruk bagi kesehatan fisik. Karena kondisi psikis dan fisik memang memiiki keterkaitan. Seperti, saat kita sedang stres, tubuh selanjutnya merespon terhadap hal-hal yang kurang menyenangkan dalam bentuk meningkatkan produksi adrenalin serta kortisol, dan beragam efek buruk lainnya.

Dampak Stres Bagi Kesehatan


Berikut beberapa dampak stres bagi kesehatan fisik dan psikis:

Dampak Stres Bagi Kesehatan - ilustrasi


1. Keringat berlebihan

Jika kita mengalami keringat yang berlebihan, itu merupakan tanda yang tidak baik. Hal ini bisa berkaitan dengan kondisi stres yang sedang dialami. Seseorang yangdalam kondisi stres, akan memproduksi keringat yang berlebih dan bisa memengaruhi denyut jantung.

2. Nyeri otot
Stres juga bisa menjadikan nyeri otot serta kejang. Otot-otot akan cenderung terasa menjadi kaku saat kita dalam kondisi stres. Untuk mengurangi tingkat stres,ada baiknya kita rutin untuk berolahraga.

4. Kelelahan

Orang yang dalam kondisi stres, akan mengalami kondisi kelelahan yang selanjutnya akan terlihat dari keadaan wajahnya. Hal ini juga kemudian bisa membuat seseorang akan mengalami pusing atau sakit kepala.

5. Perubahan kulit

Stres juga bisa menimbulkan keriput pada kulit tubuh, karena saat stres tubuh akan menghasilkan hormon adrenalin yang selanjutnya memunculkan jerawat. Ini juga akan mengurangi produksi kolagen yang ada di dalam tubuh.

8. Rambut rontok

Masalah rambut rontok paling banyak dialami oleh kaum perempuan. Rambut rontok atau menjadikan menipisnya rambut dan memiliki hubungan dengan stres.

Dampak Stres Bagi Kesehatan tubuh tidak ada satupun yang meguntungkan, oleh sebab itu sangat penting untuk berlatih mengurangi dan menjauhi stres dalam diri.