Sunday, September 6, 2015

Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau masih berasal dari keluarga leguminoceae (jenis kacang-kacangan) dan menjadi salah satu bahan makanan yang sangat menyehatkan. Hal ini disebabkan karena kacang hijua memiliki kandungan gizi serta nutrisi yang memiliki banyak manfaat. Bahkan selama beribu-ribu tahun kacang hijau digunakan untuk macam-macam tujuan. Kacang hijau saat ini masih sering dimanfaatkan sebagai sajian kuliner sehat, dikarenakan oleh kandungan gizinya yang amat sangat bermanfaat.

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Kacang hijau memiliki kandungan zat besi, kalsium, fosfor, vitamin B kompleks seperti niacin, vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin), dan asam amino yang memiliki khasiat sebagai obat beri-beri, pelancar air seni, demam nifas, dan kurang darah.

Manfaat Kacang Hijau - ilustrasi
 Berikut ini beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan:

1. Mengobati anemia (kurang darah)
Kacang hijau kaya akan kandungan zat besi, sehingga sangat berguna bagi para penderita kurang darah.

2. Menurunkan berat badan
Kacang hijau diketahui baik bagi mereka yang sedang melakukan program diet. Kandungan serat yang tinggi serta rendah lemak dari kacang hijau menjadikan jenis makanan ini cocok bagi orang yang sangat ingin untuk menurunkan berat badan.

3. Sebagai makanan pendamping ASI
Makanan Pendamping ASI atau biasa disingkat MP-ASI umumnya diberikan pada bayi ketika berusia 6 bulan. Dan bahan makanan yang sangat direkomendasikan sebagai pendamping ASI yaitu kacang hijau.

4. Mengurangi kolesterol
Jika Anda saat ini menderita kolesterol yang cukup tinggi, Anda dapat menguranginyadengan mengonsumsi kacang hijau secara teratur.

5. Diabetes
Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Hal ini menjadikan kacang hijau sebagai makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

6.Menghilangkan bekas jerawat
Kacang hijua tidak hanya dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas cacar, namun kacang hijau juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Demikianlah beberapa manfaat kacang hijau yang bisa kami hadirkan. Ikuti terus artikel kecantikan diri sebagai referensi Anda untuk tampil cantik dan menarik.